Peran Taman Kota bagi Kehidupan

Taman Kota adalah suatu ruang terbuka hijau yang didalamnya terdapat berbagai macam jenis tumbuh- tumbuhan yang memiliki peran tertentu. Keberadaan taman kota adalah untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana dalam sebuah kota. Banyak manfaat yang kita peroleh dengan adanya taman kota. Akan tetapi saat ini peranan taman kota sebagai penyeimbang ekosistem kota nyatanya tidak begitu diperhatikan oleh masyarakat. Pada kenyataanya, banyak sekali taman kota yang tergusur karena semakin banyaknya jumlah penduduk yang ada, sehingga menyebabkan kebutuhan akan lahan tempat tinggal dan lapangan semakin meningkat. Jarang sekali kita temui taman kota yang ada diruang publik dimanfaatkan dan dipelihara sebagaimana mestinya. Padahal sebenarnya keberadaan taman kota memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Menurut UU no 26 thn 2007 mengenai penataan ruang, pasal 28- 30, RTH di kota 30% dan RTH publik minimal 20%.
Dengan adanya taman kota maka keseimbangan ekosistem dapat terjaga. Daerah hijau merupakan tempat atau wadah bagi para makhluk hidup tinggal. Selain itu, dengan adanya taman kota dapat mengurangi jumlah polusi udara, karena pepohonan yang ada berfungsi sebagai filter atau penyaring gas CO2. Dengan demikian hal tersebut dapat mengurangi pemanasan global yang terjadi saat ini. Keberadaan taman kota juga dimanfaatkan sebagai daerah serapan air. Dengan adanya daerah resapan air, dapat digunakan sebagai wadah untuk menyimpan persediaan air tanah serta dapat menanggulangi terjadinya banjir.
Banyak sekali manfaat yang kita peroleh dengan adanya taman kota. Oleh sebab itu kita sebagai warga kota wajib untuk melestarikan dan menjaga keindahan taman kota tersebut. Mari lestarikan taman kota!.

0 komentar:



Posting Komentar